Web Server dan PHP

Web Sever

Web Server merupakan server yang menangani komunikasi data pada internet melalui jalur world wide web (www) atau html. Web server merupakan inti dari server-server di internet karena sebagaian besar layanan komunikasi berupa HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Pada kenyataannya, apabila kita mengakses internet maka layanan yang banyak digunakan adalah web service, yaitu layanan berbasis web.
Layanan http dapat dilakukan karena kita melakukan request pada host yang ada di internet (web server), dan web server tersebut menanggapi dengan mengirimkan informasi yang kita butuhkan berupa kode-kode html yang akan diubah kebentuk halaman web oleh browser.

Apache
Salah satu web server yang biasa digunakan oleh banyak web master di dunia adalah apache.Software tersebut dapat kita download secara gratis dari web resmi apache yaitu http://www.apache.org.

Kelebihan Apache
  • Freeware (software gratisan)
  • Mudah diinstall.
  • Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi .
  • Mudah mengonfigurasinya.
  • Apache Web server mudah dalam menambahkan periferal lainnya ke dalam platform web servernya, misalnya : untuk menambahkan modul
  • Mampu di kompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP.
  • Menyediakan feature untuk multihomed dan virtual server.
  • Kita dapat men-set respon error yang akan dikirim web server dengan menggunakan file atau skrip.
  • Secara otomatis menjalankan file index.html, halaman utamanya, untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya.
  • Lebih aman karena memiliki level-level pengamanan
PHP
PHP merupakan bahasa pemrograman script web server side. Dengan menggunakan PHP maka maintenance suatu web menjadi lebih mudah. Proses update data dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan script PHP
Keluwesan PHP yang mampu berinteraksi dengan hampir semua teknologi web menjadikan PHP sebagai bahasa pemrograman yang populer.
Salah satunya adalah dalam interaksinya dengan database-database modern seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Interbase, MS Access dan sebagainya.
Sejarah Singkat PHP
PHP merupakan singkatan dari  PHP Hypertext Processor adalah merupakan script yang bersifat server-side yang ditambahkan dalam HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf seorang programmer C yang handal. Pada awalnya PHP hanya digunakan untuk mencatat jumlah pengunjung pada Home Page pribadinya. Beliau adalah salah satu pendukung Open Source sehingga Beliau mengeluarkan PHP versi 1.0 secara gratis dan terus berkembang dengan versi versi yang lebih tinggi. Saat ini PHP sudah sampai pada versi PHP5.
Kelebihan PHP dibandingkan dengan bahasa pemrograman web lainnya adalah PHP mudah dibuat, sintaks bahasanya cepat dimengerti dan cepat dijalankan karena dukungan dari apache server yang menjadikan PHP sebagai modul dari apache itu sendiri sehingga proses program PHP tidak membebani server.
Previous
Next Post »