PHP : Pengolahan Data dari Form

Pendahuluan
Sebuah website dinamis tidak akan terlepas dari yang namanya form yang disediakan untuk pengguna dengan tujuan memudahkan pengguna dalam melakukan entry data. Data-data yang dimasukkan oleh pengguna harus diolah sistem dalam hal ini adalah web. Web dapat melakukan pengolahan data dengan menggunakan method GET dan POST yang akan menjadi salah satu properti dari tag form.

Get
Method ini menyebabkan data yang dikirimkan kepada server disatukan dengan string URL pada bagian address browser atau dengan kata lain cara mengirimkan data ke server dari sisi client.
Kelemahan dari penggunaan method ini adalah data yang digunakan sebagai parameter akan ditampilkan pada URL, sehingga tidak bisa digunakan untuk data-data yang bersifat sensitif seperti username, password dan lain sebagainya. Untuk memanggil value dari sebuah parameter diharuskan dengan menggunakan fungsi $_GET[“ “]
Sintaks :
$nama_var = $_GET[“nama_parameter”];

Fungsi ini berlaku untuk semua mekanisme pemanggilan parameter yang dikirimkan di sisi client misalnya:
•    Pemanggilan parameter dari form dengan method get
•    Link
Contoh:





Jalankan get.php kemudian perhatikan pada bagian URL, kurang lebih akan tampil seperti gambar berikut:

Post
Cara untuk mengirimkan data ke server dengan cara memisahlan data yang diisikan oleh pengunjung dengan string URL-nya atau dengan kata lain cara mengirimkan data ke server dari sisi server. Untuk memanggil value dari sebuah parameter diharuskan dengan menggunakan fungsi $_POST[“nama parameter”].
Contoh :
Setelah dijalankan terlihat pada URL yang kurang lebih akan seperti pada gambar dibawah, berbeda dengan method get, pada method post parameter-parameter yang dikirimkan ke server tidak terlihat pada url yang menyebabkan data yang sifatnya sensitif tetap aman.



Previous
Next Post »