PHP

PHP
PHP (PHP Hypertext Processor) merupakan bahasa pemrograman script web server side.

Konsep Kerja PHP
Metode kerja PHP diawali dengan permintaan sebuah halaman PHP oleh browser. Berdasarkan URL atau yang dikenal dengan sebuatan alamat internet, browser mendapat alamat dari web server dan mengidentifikasikan berkas PHP yang dikehendaki. Setelah berkas PHP yang diminta, didapatkan oleh web server, isinya akan segera dikirimkan ke mesin PHP dan mesin PHP inilah yang memproses dan memberikan hasilnya (berupa kode HTML) ke web server, selanjutnya web server akan menyampaikan ke client.

Script PHP
Kode PHP diawali dengan tag <? Atau <?php kemudian diakhiri dengan tag ?>.
Setiap baris perintah/statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda semicolon/titik koma (;). Script PHP merupakan script yang digunakan untuk menghasilkan halaman-halaman web yang dinamis. Cara penulisan dibedakan menjadi embedded dan non-embedded script.

Embedded Script
Embedded script merupakan script PHP yang disisipkan diantara tag-tag HTML. Berikut ini contoh dokumen HTML yang disisipkan script PHP
Embedded Script

Pengembangan script PHP sebaiknya menggunakan embedded script karena akan memudahkan kita melakukan penelusuran dan pelacakan kesalahan, apabila terjadi kesalahan dalam script yang dikembangkan. Pemisahan antara script PHP dan tag HTML akan memudahkan dalam melakukan evaluasi terhadap script yang kita buat.

Non Embedded Script
Non Embedded script merupakan script PHP murni, tag HTML yang dihasilkan untuk membuat dokumen bagian dari script PHP.
Non Embedded Script
Komentar
Komentar yang dimaksud adalah script PHP yang tidak akan dieksekusi karena merupakan catatan kepada suatu fungsi tertentu dari script atau menjelaskan dari sebagian script yang dituliskan. Komentar harus diletakkan pada bagian script PHP. Terdapat 3 macam cara penulisan komentar dalam PHP
// komentar
Komentar yang hanya berisi satu baris komentar
/* komentar */
Menunjukan untuk membentuk komentar multi baris
# komentar
Komentar yang hanya berisi satu baris komentar, merupakan gaya penulisan komentar di unix/linux

Mencetak Data
PHP dapat melakukan menampilkan output data dengan menggunakan perintah echo ataupun dengan menggunakan perintah prin().
Print
Sintaks:  print(“data”);
Echo
Sintaks:  echo “data”;

Previous
Next Post »