PHP : Koneksi dengan MySQL

Mengenal Fungsi koneksi PHP-MySQL: mysql_connect()

Untuk membuat koneksi antara PHP dengan MySQL menggunakan mysql extension, PHP menyediakan fungsi mysql_connect().

Fungsi ini diibaratkan sebagai cara untuk login kedalam MySQL Server. Fungsi mysql_connect() membutuhkan 3 argumen, dan mengembalikan nilai fungsi berupa ‘variabel koneksi’ ke MySQL.

Berikut adalah format dasar penulisan fungsi mysql_connect():
$konek = mysql_connect(’mysql_host’, 'mysql_user', 'mysql_password');

$konek merupakan variabel yang akan menampung hasil dari fungsi mysql_connect (). Jika berhasil terhubung dengan MySQL, $link akan berisi nilai yang berfungsi sebagai ’link koneksi’ dengan MySQL. Link koneksi ini akan dibutuhkan sepanjang program PHP-MySQL nantinya. Di dalam PHP, variabel $link ini dikenal dengan istilah handler, yakni variabel yang meng-handle koneksi ke MySQL.

mysql_host adalah argumen pertama dari fungsi mysql_connect(). Nilai mysql_host diisi dengan alamat komputer dimana MySQL Server berjalan. Jika anda menjalankan MySQL menggunakan XAMPP di komputer yang sama dengan tempat web server Apache berjalan, maka alamat ini bisa diisi dengan ’localhost’ atau ’127.0.0.1’. Namun jika MySQL server dijalankan dari komputer lain, argumen ini akan berisi IP address dari komputer tersebut.

mysql_user adalah nama user MySQL dimana kita akan login. Seperti ’root’, ’admin’, ’andi’ dan lain-lain tergantung kepada user MySQL yang telah terdaftar di server. Cara membuat dan menghapus user MySQL telah saya bahas pada Tutorial Cara Membuat dan Menghapus User MySQL (CREATE USER). Jika anda menggunakan MySQL bawaan XAMPP, user ’root’ dapat digunakan.

mysql_password diisi dengan password dari user yang dibuat pada argumen mysql_user.

Variabel $konek yang berisi link koneksi PHP-MySQL (hasil dari fungsi mysql_connect()), termasuk ke dalam kelompok tipe data khusus PHP yang disebut resources. Variabel Resources tidak bisa berdiri sendiri dan biasanya digunakan sebagai argumen untuk fungsi lain. Anda bebas mengganti nama variabel $konek dengan nama lain, seperti $link, $link_mysql, dll.

Jika koneksi dengan PHP gagal dilakukan, fungsi mysql_connect() akan mengembalikan nilai Boolean FALSE. Hasil FALSE ini akan disimpan dalam variabel $link dan bisa kita gunakan dalam perulangan IF untuk menampilkan error yang terjadi.
Cara Membuat Koneksi PHP dengan MySQL

Untuk mengetahui cara membuat koneksi antara MySQL dengan PHP, langsung saja kita masuk kedalam contoh kode program cara penggunaan fungsi mysql_connect().

Berikut adalah kode PHP untuk membuat koneksi dengan MySQL:   
<?php
//buat koneksi MySQL untuk user: root, tanpa password, alamat: localhost
$konek=mysql_connect('localhost','root','');

//cek apakah koneksi dengan MySQL berhasil
if ($konek)
   {
     //koneksi berhasil
     echo "Koneksi dengan MySQL berhasil";
   }
else
   {
     //koneksi gagal
     echo "Koneksi dengan MySQL gagal";
   }

//memeriksa nilai dari $link
echo "<br />";
echo 'hasil var_dump variabel $konek : ';
var_dump($konek);
?>

Jika koneksi dengan MySQL berhasil, maka di dalam web browser akan tampil gambar seperti berikut ini:



Koneksi dengan PHP dengan MySQL Server Berhasil

Pada bagian pertama kode program, saya membuat fungsi mysql_connect(‘localhost’,’root’,”). Fungsi ini berarti saya mencoba login dengan MySQL Server yang berada di alamat localhost (komputer yang sama dengan web server berada), nama user ’root’ dan password ’’ (string kosong, yang berarti tanpa password).

Fungsi mysql_connect() mengembalikan kondisi status koneksi ke dalam variabel $konek. Variabel $konek akan berisi link koneksi (bertipe resources) jika berhasil terkoneksi dengan MySQL, dan akan bernilai TRUE jika dikonversi menjadi Boolean.

Namun variabel $konek akan berisi nilai Boolean FALSE jika PHP gagal login ke MySQL. Nilai $konek ini selanjutnya bisa digunakan untuk pengecekan apakah koneksi berhasil atau tidak.

Jika terjadi kesalahan, misalkan saja saya mengubah password root menjadi ’123456’, maka tampilan web browser akan seperti berikut ini:

Koneksi dengan PHP dengan MySQL Server Gagal

Seperti yang terlihat, PHP mengeluarkan pesan error mysql_connect(): Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES), yang berarti login ke MySQL gagal karena salah password untuk user root.
Previous
Next Post »