Dreamweaver : Site Definition

Membuat Site Definition
Suatu website merupakan kumpulan dari beberapa halaman yang saling berhubungan. Dreamweaver merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengelola suatu website serta memperbaikinya. Dreamweaver menampilkan suatu site sebagai kumpulan dari file-file yang terdapat didalamnya. Kumpulan file ini dapat dilihat pada Site Panel yang secara default berada disisi sebelah kanan dari aplikasi Dreamweaver ini.

Langkah-langkah untuk membuat site definition adalah sebagai berikut:
1.    Pilih Site - Manage Sites...

2.    Pilih New... - Site
3.    Kemudian muncul wizard untuk mendefinisikan suatu site
Langkah pertama

Mengisikan nama dari site dan alamat URLnya
Langkah Kedua

Terdapat pilihan untuk penggunaan bahasa pemrograman/server technology, seperti Coldfusion, ASP, ASP.NET, JSP atau PHP MySQL
Langkah Ketiga

Ada 3 pilihan untuk meletakkan file-file dari website yang dibuat. Pertama adalah diletakkan pada drive lokal, kedua diletakkan pada server secara langsung  dan yang ketiga adalah menggunakan local network.
Langkah Keempat

Testing files, digunakan untuk mengetest apakah konfigurasi sudah benar atau belum. Isikan http://localhost/webku , webku merupakan nama folder yang ada di htdocs. Kemudian klik Test URL sampai muncul tampilan sebagai berikut yang menandakan bahwa konfigurasi sudah benar.

Langkah Kelima

Pilihan untuk menggunakan remote server atau tidak.
Langkah Keenam

Terdapat pilihan jenis remote server yang digunakan, karena lokasi server atau file di komputer lokal mala pilih yang Lokal. Kemudian tunjukan lokasi folder dari website yang ada di htdocs.
Langkah Ketujuh

Langkah Kedelapan

Menampilkan rangkuman/ringkasan dari konfigurasi yang telah dilakukan.
Langkah Kesembilan

4.    Lakukan pengetesan http://localhost/webku/



Previous
Next Post »